Khamis, 20 Januari 2011

Antropology Muslim China

Wilayah wilayah China yang berada di sepanjang jalur sutra ini mendapat pengaruh Arab dan Parsi seperti yang dapat dilihat pada kebudayaan masyarakat di sana. Wilayah wilayah tersebut, yaitu Xinjiang, Qinghai, Gansu, dan Ninxia. Para penduduk di wilayah wilayah ini terdiri atas berbagai suku etnis, Hui, Uygur, Kazak, Dongxiang, Kirhiz, Salar, Tadjik, Uzbek Baoan, dan Tartar. Setiap suku etnis ini mempunyai kebudayaan yang berbeda, Namun, mereka diikat oleh satu agama yang sama, Yaitu Islam.
Bila dilihat dari wajah wajah suku etnis tersebut maka akan didapati kemiripan dengan wajah wajah orang Arab, Parsi, Turki, Uzbekistan, Afghanistan, dan ada pula yang mirip orang Pakistan. Wajah wajah mereka ini menunjukan bahwa mereka mempunyai darah campuran dengan masyarakat yang tinggal di Timur tengah yang memiliki muka putih kemerahan dan hidung yang mancung, Ada yang tidak bermata sipit dan banyak pula yang tidak terlihat langsung seperti orang China. Hal ini menguatkan keyakinan para eneliti bahwa selain dari jalur dakwah dan perdagangan, cara Islam berkembang ke China ialah melalui pernikahan yang terjadi antara umat Islam dengan penduduk setempat.
Hal ini juga telah dilakukan oleh Nabi di dalam usaha mewujudkan silaturahim sesama umat Islam. Pernikahan campuran dilakukan oleh Islam dan merupakan suatu jalur dakwah yang baik bila dapat dilaksanakan dengan cara dan niat yang benar.
Pernikahan di antara bangsa itu telah membantu mempercepat perkembangan dan penerimaan Islam di kalangan masyarakat China. Pernikahan campuran tidak hanya menambah umat Nabi Muhammad Saw. di seluruh dunia tetapi juga melahirkan manusia yang berkualitas yang akan mewarisi perjuagan umat Islam Sebelumnya.
Sayangnya, Islam di China dikenal sebagai agama Hui, Sementara orang Hui merupakan salah satu suku ethnis Islam yang terdapat di China. Usaha untuk membetulkan pandangan orang China terhadap agama Islam sedang giat dilaksanakan.
Islam bukan agama golongan ethnis dan bangsa tertentu. Islam adalah agama universal dan sifat sifat keuniversalannya telah membuat Islam tersebar ke segala penjuru dunia.
Suku ethnis Hui adalah komunitas Islam terbesar di China diikuti oleh Uygur dan Kazak. Masing masing memiliki identitas tersendiri dan merupakan masyarakat komunitas Islam terbesar, Khususnya di barat laut Negara China.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan